Berapa banyak dari Anda yang mencoba jenis olahraga namun gagal membakar kalori. Bagi Anda yang bosan dengan gym atau latihan yoga, mungkin Anda bisa mencoba teknik beladiri taekwondo.

rrrrrrr

Seni bela diri yang berasal dari Korea Selatan ini, tidak hanya mengajarkan Anda dalam mempertahankan diri tapi juga membantu Anda untuk membentuk tubuh menjadi lebih baik.

Sementara itu, banyak dari kita yang sudah mencoba beberapa teknik taekwondo ini dalam rutinitas sehari-hari dan merasakan lebih baik.

Oleh karena itu, kita dapat menerima kenyataan kalau salah satu cara untuk menurunkan berat badan ekstra dan tetap fit adalah melalui taekwondo.

Pertama-tama penting untuk mengetahui dasar-dasar taekwondo yang merupakan disiplin ilmu yang melatih tubuh dan pikiran melalui keterampilan fisik. Pada dasarnya, taekwondo merupakan latihan sistematis dan ilmiah yang bisa membantu membakar kalori.

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dalam taekwondo, seperti dilansir Boldsky, Sabyu (2/2/2013).

1. Membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Pertama-tama, pastikan kalau tubuh Anda dalam kondisi fisik yang baik sebelum latihan taekwondo. Pemeriksaan pada dasarnya dimulai dengan tangan dan kaki, karena sebagian besar bergerak dalam penawaran taekwondo dengan gerakan kaki dan tangan.

Dengan demikian intensitas berlatih seni ini selama satu jam minimal sehari pasti akan membakar kalori. Gerakannya yang menyeimbangkan kaki dan tangan akan merangsang seluruh tubuh membuang kalori.

2. Taekwondo membantu mengencangkan otot-otot tubuh.

Salah satu kegiatan utama yang termasuk dalam taekwondo adalah berjalan cepat dan berlari. Kegiatan ini membantu Anda dalam mengencangkan otot-otot dan akhirnya akan membuat tubuh terlihat kencang.

Tingkat metabolisme tubuh juga meningkat seiring terjadinya pembakaran kalori, tapi kita harus memastikan kalau setiap hari Anda harus makan makanan sehat.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Aspek penting lainnya yang termasuk dalam taekwondo adalah latihan aerobik. Ini manfaat dalam peningkatan kesehatan kardiovaskular. Sistem kardiovaskular terdiri dari jantung, pembuluh darah dan arteri darah.

Dan cara terbaik untuk meningkatkan sistem kardiovaskular adalah dengan berpartisipasi dalam kegiatan seperti aerobik dan anaerobics.

Latihan kardiovaskular terdiri dari berjalan, bersepeda, berenang dan tentu saja berpartisipasi dalam seni bela diri. Untuk praktek terbaik aerobik hasil atau anaerobics selama 30 menit setiap hari.

4. Meningkatkan refleks dan fleksibilitas

Taekwondo meningkatkan fleksibilitas dan refleks. Peningkatan fleksibilitas membantu Anda dalam beberapa gerakan taekwondo dan mengarahkan tubuh ke arah yang benar.

Fleksibilitas ini diperoleh dari peregangan baik sebelum atau sesudah latihan taekwondo. Peningkatan fleksibilitas tidak hanya membantu dalam meningkatkan keterampilan taekwondo, tetapi juga membantu dalam membangun kekuatan otot. Taekwondo menjadi penting untuk pertahanan diri dan juga membuat tubuh menjadi aktif sepanjang hari.

5. Mental kebugaran

Berpartisipasi dalam rutinitas olahraga teratur merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan mood. Pertunjukan taekwondo tidak hanya cara yang baik untuk menghilangkan stres dan frustrasi, tetapi juga meredakan suasana hati yang akhirnya mengarah pada kebugaran mental.

Taekwondo, sebagai bentuk seni bela diri akan menjanjikan mereka yang ingin menurunkan berat badan dan tetap ingin sehat. Hal ini akan membuahkan kesadaran dalam mengubah pola makan dan gaya hidup. (Fit/Igw)

Share this:
Share

Facebook Comments

By Admin, AsiaFitnessToday

Hi! I'm Ursula Lee, writer and community manager at Asia Fitness Today. I love my food, my cat and my fitness regime :)

Creative Commons License
Except where otherwise noted, © GoInternationalGroup.com on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.