Vemale.com – Mom, kesibukan dan aktivitas sehari-hari memang sangat menguras tenaga dan pikiran ya. Tentunya Mom menyadari, dalam keseharian kita, tak bisa lepas dari yang namanya emosi serta perasaan. Keduanya merupakan reaksi kimia dalam tubuh kita yang mempengaruhi bagaimana kita hidup.

Emosi dan perasaan, sebagai wujud dari reaksi hormon dalam tubuh kita, ‘bertanggung jawab’ atas segala perasaan positif dan negatif. Nah, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh akan membuat mood kita jadi berantakan. Sedikit-sedikit marah, sedikit-sedikit mengomel. Wah, kalau sudah seperti ini, anak-anak dan suami jadi kena getahnya deh.

Untuk membantu menyeimbangkan hormon, salah satu cara aman dan sehat yang bisa dilakukan adalah melalui Bikram Yoga. Bikram Yoga terbukti menyehatkan jantung dan membantu tubuh agar dapat lebih banyak menyerap oksigen. Selain itu, bikram yoga akan mengurangi hormon penyebab stres dan meningkatkan hormon endorfin yang memberikan efek mood yang lebih baik.

Setiap gerakan Bikram Yoga punya kelebihannya masing-masing lho. Mom bisa mencobanya di rumah melalui panduan gerakan berikut ini:

Standing Separate Leg Stretching Pose

Foto: copyright bikramyogaathlone.com

Pose ini berfungsi untuk melancarkan produksi hormon thyroxin, meminimalisir depresi dan penurunan daya ingat, meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan meningkatkan kelenturan bagian pinggang, ankle dan mengurangi sakit punggung.

Standing Separate Leg Head To Knee Pose

Foto: copyright bikramyogadallas.com

Pose ini dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah yang baik, meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat daya ingat. Efek peregangannya dapat berpengaruh baik pada tulang belakang dan sistem saraf. Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan sehingga kita tidak mudah sakit.

Half Tortoise PosFoto: copyright bikramyogadallas.com

Pose menyerupai kura-kura ini akan meningkatkan sistem endokrin tubuh yang berfungsi untuk menyeimbangkan hormon. Pose ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, anemia dan masalah tidur. Half tortoise pose akan melancarkan aliran darah ke otak sehinggat kita akan terbebas dari rasa stres berlebih. Efek peregangan pada pose ini mampu melawan penyakit hernia, lho.

Camel PoseFoto: copyright bikramyogadallas.com

Pose yang satu ini mengutamakan dada yang terbuka sehingga sangat baik untuk menguatkan otot punggung dan pundak. Dengan gerakan ini sakit punggung akan hilang dan mampu mengurangi sakit bronkitis. Poin pentingnya adalah gerakan yang seolah-olah membuka diri ini mendorong kita untuk melepaskan emosi-emosi buruk yang terjebak dalam tubuh selama ini. What a great pose!

Rabbit PFoto: copyright bikramyogadallas.com
Pose yang meniru gaya kelinci ini mampu memelihara sistem saraf dan mengatur hormon. Membawa darah bersih ke otak. Selain itu, efek peregangannya menyeluruh dari tulang belakang atas ke bawah dan meningkatkan fleksibilitas leher serta bahu. Membuat rongga dada menjadi lebih fleksibel. Bagi para wanita, gerakan ini sangat bermanfaat karena meningkatkan kepadatan dan keseimbangan tulang.

Ternyata dengan peregangan otot saja kita mampu membawa energi baik ke dalam tubuh ya, Mom. Untuk Mom yang sangat aktif dan punya segudang kesibukan, sangat penting menjaga kesehatan tubuh dan jiwa, salah satunya melalui yoga. Jadi, tertarik memulai yoga sekarang, Mom?

Share this:
Share

Facebook Comments

By Admin, AsiaFitnessToday

Hi! I'm Ursula Lee, writer and community manager at Asia Fitness Today. I love my food, my cat and my fitness regime :)

Creative Commons License
Except where otherwise noted, © GoInternationalGroup.com on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.